Senin, 27 Juni 2016

Mengajarkan vocabulary lebih efektif dan menyenagkan

Mengajarkan Vocabulary Kepada Pebelajar Usia Dini

Pebelajar usia dini adalah mereka yang berusia antara 6-12 tahun. Mereka dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Younger group (6-8 tahun) dan Older Group (9-12 tahun). Kemudian pebelajar muda ini dapat dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu Lower Classes, yaitu anak kelas, 1, 2, dan 3 sedangkan Upper Classes adalah kelas 4, 5 dan 6.
Pada usia tersebut, tidaklah mudah bagi seorang guru untuk memperkenalkan bahasa baru kepada mereka seperti bahasa Inggris. Namun, belakangan ini banyak anak preschool dan taman kanak-kanak yang sudah diperkenalkan bahkan mempelajari bahasa Inggris. Dalam hal ini , tahap yang paling awal yang harus diajarkan ialah kosakata atau vocabulary. Berikut, saya akan berbagi pengalaman dalam memperkenalkan kosakata baru dalam bahasa Inggris untuk pebelajar muda/usia dini.

1. Introducing

    Guru memperkenalkan kata baru dengan ucapan yang jelas dan benar, gunakan gambar atau benda nyata. Pada umumnya anak-anak lebih cepat memahami kata-kata baru apabila diperagakan dengan alat peraga, misalnya gambar atau benda nyata. Nah, guru juga harus mengelompokan kelas kata apa yang akan diajarkan kepada peserta didik. Kelas kata yang dimaksud adalah seperti kata benda,kata kerja, kata sifat dan lain sebagainya. Pilihlah salah satu untuk menjadi fokus pengajaran, misalnya saja hari ini topiknya dalah tentang kata benda, maka temukan gambar atau referensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
    Pembelajaran kosakata untuk pebelajar muda yang berada di kelas rendah (Lower Classes) lebih disarankan menggunakan teknik listen and repeat (dengar dan ulangi) atau listen and point to (dengar dan tunjuk). Contoh:
Teacher    : "Orange"
Students  :"Orange" (setelah mendengarkan guru, siswa mengulangi ucapan tersebut)
Cara diatas juga dapat difariasikan dengan meminta anak untuk  menujuk benda atau gambar yang di pegang oleh guru.
      SEdangkan untuk kelas yang lebih tinggi (Upper Classes), memperkenalkan kosakata bisa lebih bervariasi,misalnya dengan:
a.) memberi definisi sederhana;
               What is an orange?
               An orange is kind of fruit that can be eaten. 
b.) memberikan padanan kata atau lawan kata, misalnya angry=mad;
c.) memberikan beberapa contoh, seperti bus, plane, boat, train are transportations;
d.) menggambarkan atau memberikan ilustrasi;
e.) memberikan arti dalam bahasa Indonesia setelah menyebutkan satu kata dalam bahasa    Inggris seperti; ship = kapal.

2. Modeling 

     Selanjutnya di tahap ini, guru memberi contoh dan bertindak sebagai model. Guru tidak hanya berfungsi sebagai fasilitator, motivator, dan juga source, guru juga bertindak sebagai model yang harus bisa memperagakan pelajaran yang sedang diajarkan kepada muridnya. Maka sebaik-baiknya guru dalam mengajar, ialah guru yang mengajar dalam posisi berdiri dari pada hanya duduk. Guru senantiasa harus membimbing dan menjelaskan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Selanjutnya, guru dapat memperagakan beberapa gerakan yang terkait dengan apa yang sedang ia ajarkan, tentu dengan gerakan yang memungkinkan seperti; Fly, sambil memperagakan gaya terbang maka anak-anak akan muudah meggangkap maksud dah bahkah arti dari kta tersebut.

3. Practicing

     Setelah berhasil mengajak anak berinteraksidan mengajak anak untuk belajar dengan cara modeling diatas, langkah selanjutnya adalah guru mengajak dan melatih siswa untuk menirukan dan berlatih bersama. Apapun jenis kata yang sedang di pelajari oleh anak-anak, tidak akan bisa diserap dengan baik oleh si anak jika kata tersebut tidak pernah diucapkan. Maka, setelah mereka mengetahui kosakata baru beserta artinya, ajaklah mereka untuk menyubutkannya secara lantang, dengan demikian kata tersebut akan mudah diingat oleh anak.

4. Applying

     Tahap terakhir dalam mengajarkan kosakata (vocabulary) pada anak usia dini adalah dengan menerapkan kosakata yang sudah didapat dalam situasi yang tepat dengan batuan guru. Setelah semua tahap sudah diajarkan, ajaklah anak berdialog dengan menggunakan kosakata yang telah mereka peroleh untuk memperlancar dan memudahkan mereka dalam menerapkan bahasa Inggris dengan tepat.
Demikian tips yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam mengajar bahasa Inggris bagi pembelajar muda khususnya. Sampai jumpa di tips pengajaran bahasa Inggris selanjutnya........

      

1 komentar:

  1. Golden Nugget Hotel & Casino - Mapyro
    Golden 경상남도 출장마사지 Nugget Hotel & Casino · 김제 출장안마 Microtel Inn Las Vegas. 4455 Las Vegas Blvd S Las Vegas, 창원 출장안마 NV 89109. The Strip · The LINQ Promenade. 89109 Las Vegas Boulevard South. 안양 출장마사지 Rating: 4.5 · ‎341 태백 출장샵 reviews

    BalasHapus